Karya Kelas KK



Keberanian dan Kemandirian Perempuan Bangsa


Disusun oleh :
X – Teknik Kelistrikan Kapal





DAFTAR ISI

Halaman judul 1
BAB I : PENDAHULUAN 3
1.1 Kata pengantar 3
1.2 Latar belakang 4
BAB II : PEMBAHASAN 5
BAB III : PENUTUP 9
3.1 Kesimpulan 9
3.2 Saran 10









BAB I : PENDAHULUAN

1.1 Kata pengantar
Pertama dan yang utama, kami panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena tanpa rahmat dan ridhonya, kami tidak akan menyelesaikan karya tulis ini dengan baik. 

Di dalam karya tulis ini akan dibahas mengenai keberanian dan kemandirian perempuan bangsa. Dengan adanya karya tulis ini diharapkan siswa mengetahui, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai positif yang disampaikan ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Mungkin dalam pembuatan karya tulis ini terdapat kesalahan yang belum kami ketahui. Sebagai manusia biasa, kami sangat memerlukan saran dan kritikan. 


Sidoarjo, 20 April 2019
1.2 Latar belakang
Perempuan merupakan permata indah yang dimiliki oleh suatu bangsa. Tanpa perempuan suatu bangsa tidak akan berarti. Namun, di dalam kehidupan masyarakat dapat diketahui bahwa perempuan tidak dilibatkan dalam proses pembangunan. Perempuan hanya dikelompokkan ke dalam konsumen pembangunan.

Menurut pandangan, perempuan digolongkan ke dalam kelompok yang lemah, sedangkan laki-laki dianggap sebagai kelompok yang kuat. Akibatnya jarang ditemukan perempuan yang bisa tampil berani dalam membangun bangsa ini.

Dengan lahirnya R.A. Kartini yang merupakan sosok pejuang emansipasi wanita, banyak perempuan yang bangkit dari keterpurukan dan mengobarkan semangatnya. R.A. Kartini menginspirasi perempuan Indonesia agar tampil berani dan mandiri dalam menghadapi gejolak bangsa.
BAB II : PEMBAHASAN

Keberanian dan kemandirian perempuan bangsa merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh perempuan.  Jika setiap perempuan tidak memiliki aspek tersebut dalam kehidupannya, maka tidak akan selaras dan seimbang dalam melakukan aktivitasnya. 

Berani bukan berarti tampil dengan fisik yang prima. Berani yang dimaksud adalah berani yang tidak akan putus asa dalam menghadapi kegagalan. Kegagalan merupakan hal yang biasa dalam kehidupan. Setiap insan jelas pernah mengalami kegagalan yang disebabkan oleh kesengajaan ataupun ketidaksengajaan. Jika, kita takut akan kegagalan dan tidak mau bangkit, maka dapat dikatakan kita gagal dalam tujuan hidup. Banyak pejuang yang mengalami kegagalan dalam menghadapi penjajah, tetapi mereka bangkit dari itu semua. Mereka bersatu teguh untuk melawan ketidak adilan penjajah terhadap bangsa Indonesia. 
Sama halnya yang dilakukan oleh R.A. Kartini yang berjuang melawan ketidak adilan yang dialami perempuan Indonesia pada masa penjajahan dulu. Ibu Kartini memperjuangkan harkat dan martabat wanita Indonesia yang dulunya ditindas kejam oleh para pria. 

Berkat kepeduliannya terhadap perempuan Indonesia, Ibu Kartini berhasil mendirikan sekolah wanita yang diberi nama Sekolah Kartini. Ibu Kartini ingin agar wanita memiliki kebebasan dalam menuntut ilmu dan belajar.

Selain mendirikan sekolah, Ibu Kartini juga menulis surat-surat. Di dalam suratnya berisi pemikiran-pemikirannya tentang kondisi perempuan pribumi saat itu. Kebanyakan kondisi perempuan saat itu banyak mengalami ketakutan karena situasi yang sedang tidak kondusif. Harapannya dalam suratnya tersebut Kartini ingin agar nasib perempuan lebih diperhatikan dan diakui oleh dunia bahwa perempuan itu bisa tidak kalah dengan kaum adam.

Hadirnya Kartini membawa pengaruh dan memberikan perubahan pesat bagi bangsa Indonesia khususnya kaum perempuan. Hal tersebutkan dapat dibuktikan dengan perjuangan wanita Indonesia dalam membangun bangsa. Dapat diambil contoh dari presiden Indonesia ke lima, yaitu Megawati Soekarno Putri. Beliau merupakan presiden perempuan pertama di Indonesia. Beliau menjadi presiden tidak semata-mata untuk bangsa Indonesia, tetapi beliau juga memberikan contoh untuk wanita-wanita Indonesia agar selalu semangat dan pantang menyerah dalam meraih kehidupan yang lebih layak.

Zaman sekarang banyak Kartini-kartini Indonesia yang hadir untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia dalam mencapai bangsa yang adil, makmur, dan disegani oleh bangsa lain, serta bermartabat.

Kemandirian perempuan bangsa juga harus diakui. Tanpa kemandirian, perempuan Indonesia tidak akan berjaya. Keberanian perempuan tidak lepas dari kemandirian. Sifat mandiri membuat perempuan menjadi lebih percaya diri dalam mengahadapi semua hal yang ada.

Kemandirian yang dimiliki para tokoh perempuan adalah gabungan dari karakter kuat dan tanggung jawab. Kuat dalam sifat fisik dan karakter mental, seseorang yang memiliki tenaga yang kuat, fisik yang sehat, dan kondisi tubuh yang prima.

Kesuksesan perempuan juga tidak terlepas dari sifat mandiri yang tidak selalu bergantung kepada orang lain. Jika kita memiliki sifat mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain, maka kita akan berhasil dalam semua kegiatan yang ada dalam kehidupan.


BAB III : PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Keberanian dan kemandirian perempuan bangsa merupakan modal suatu bangsa dalam mewujudkan kehidupan yang lebih makmur. Kaum perempuan bukan untuk ditindas, kaum perempuan harus diperhatikan kehidupannya lebih utama adalah harga dirinya.
Dalam rangka memperingati hari kartini ini, marilah kita memuliakan kaum perempuan agar mereka menjadi disegani dan dihormati selayaknya kaum laki-laki.









3.2 Saran
Teruntuk perempuan di seluruh dunia khususnya di Indonesia marilah kita bergandengan tangan untuk membangun negeri ini agar menjadi lebih makmur lagi.
Janganlah takut akan acaman di luar sana. Kita harus tampil berani dan mandiri apapun yang terjadi. Dan kita harus menjadi lebih baik lagi dari hari kemarin.

SELAMAT HARI KARTINI

Comments

Popular posts from this blog

Karya Kelas TKJ 2

Karya Kelas DRBK 2

Karya Kelas DRBK 1