Karya Kelas TKJ 2


Karya Tulis Lomba Kartini
 Gejolak Revolusi dari Kartini Masa Kini
Tahun Pelajaran 2018 / 2019





Nama      : Yunita Retno Pangesti
Kelas       :  X-TKJ 2



SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO
Kata Pengantar
Puji syukur, Alhamdulillah saya haturkan kehadirat Allah SWT  yang  telah memberikan saya anugerah, rahmat, serta kesehatan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis saya yang bertema Gejolak Revolusi dari Kartini Masa Kini. Dengan membuat karya  ini saya bisa menambah pengetahuan,  informasi, dan mengenalkan hal-hal baru yang bisa menginspirasi masyarakat utamanya kaum hawa. Karya tulis yang saya buat ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan menggunakan KKBI yang benar. Dalam karya ini, saya dibantu oleh beberapa pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada:
1.Guru Pembimbing Bahasa Indonesia
2. Rekan organisasi OSIS
3. Dan pihak-pihak yang membantu saya
Saya sangat berharap semoga karya tulis ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita serta bisa menambah wawasan yang luas dalam memahami peran wanita. Saya menyadari bahwa banyak kekurangan dalam karya tulis  ini. Oleh karena itu, saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari karya ini .









Sidoarjo, 20 April 2019


         Penulis

Latar Belakang

Ibu kita kartini
Putri sejati
Putri indonesia
Harum namanya
Lagu karya W.S Soepratman bukan hanya sekadar kata melainkan terdapat makna dari setiap lirik yang beliau tulis. Saya ingin menapaktilasi jasa seorang wanita yang gigih nan berani berjuang demi adanya sebuah perubahan. Tanggal 21 April kembali terulang. Setiap tahun, tanggal ini dikeramatkan sebagai Hari Kartini. Segenap rakyat Indonesia berbondong-bondong mencari pakaian tradisional khas Sabang sampai Merauke, cosplay jadi Ibu Kartini. Hari Kartini dirayakan untuk menghormati perjuangannya sebagai sosok historis, penggagas emansipasi perempuan asal Rembang era kolonial Hindia Belanda. Tentu ada beberapa metode dalam memperingati Hari Kartini seperti: lomba memasak, menggunakan  kebaya, fashion show, atau sanggul menyanggul.
Dalam setiap perayaan Hari Kartini, ada satu kata kunci yang penting untuk direnungkan yaitu emansipasi, beliau menjadi pengaruh dalam perubahan wanita. Dalam tema Gejolak Revolusi dari Kartini Masa Kini saya mengambil judul Mengenang Jasa Kartini di Masa Lalu dengan Menjadi Kartini Masa Kini. Dalam karya ini saya mengambil contoh-contoh dari kehidupan sehari-hari juga tentang permasalahan mengenai peran wanita saat ini.











Mengenang Jasa Kartini di Masa Lalu dengan Menjadi Kartini Masa Kini

Mari bersama mengingat kembali disaat wanita tidak memiliki kesetaraan, disaat memandang seperti melihat suatu kebodohan. Bagaimana tidak? Merasakan kursi sekolah pun tidak.  Hanya dipandang sebelah mata, dianggap kaum  lemah, meringkuk tak berdaya, apa itu tanggapan kalian tentang seorang wanita? Wanita hadir bukan untuk sebuah ketidakadilan bukan pula untuk penindasan. Wanita ada untuk sebuah pengajaran dengan memiliki ilmu dan wawasan luas akan mengetahui bagaimana cara bersikap sebagai seorang wanita yang baik karena wanita akan menjadi seorang ibu yang dimana merupakan panutan dari setiap individu. Tetapi mengapa wanita hanya dianggap sebagai pelengkap kehidupan semata, wanita hanya dianggap sebagai budak yang harus menurut kata suami dan diam di dapur tanpa didengar aspirasinya,pernyataannya maupun ide-idenya.
Sehingga menyebabkan mereka harus terkurung dan terkucilkan dari dunia luar. Wanita harus rela menyia-nyiakan masa sekolah mereka untuk memenuhi kodrat mereka sebagai seorang wanita, Mereka harus membantu ibu mereka tanpa mengetahui bagaimana cara membaca dan menulis yang dipelajari oleh kaum pria. Mereka tidak mengetahui bagaimanakah keadaan dunia luar yang akan menunggu mereka dan permasalahan-permasalahan yang mungkin saja dapat terpecahkan oleh ide-ide wanita yang cerdas.
Wanita tidak hanya mampu macak,masak,manak (berdandan,memasak,melahirkan) wanita adalah orang yang luar biasa karena ia dilahirkan dengan memiliki rasa cinta yang besar untuk dapat mencintai bukan hanya kepada satu individu tetapi  kepada semua yang ada. Seperti gagasan seorang wanita “sepanjang hemat kami,agama yang paling indah dan paling suci ialah kasih sayang. Dan untuk dapat hidup menurut perintah luhur ini, haruskah seorang mutlak menjadi Kristen? Orang Buddha, Brahma, Yahudi, Islam bahkan orang kafir pun dapat hidup dengan kasih sayang yang murni.”
 Hingga hadir sosok penggerak yang berjuang demi sebuah perubahan, sosok yang memiliki pandangan visioner dan pemikiran kritis mendobrak bangunan kebudayaan masyarakat pada saat itu, bukan dengan senjata tetapi dengan ilmu pengetahuan. sosok yang ingin mengubah nasib kaumnya, betapa inginnya beliau  mengangkat kaumnya dan betapa inginnya beliau  menunjukan kepada semua orang yang telah merendakan kaum wanita bahwa wanita memiliki potensi yang sama besar dengan potensi yang dimiliki oleh laki-laki, bahwa wanita dapat mengalahkan laki-laki, bahwa wanita dapat mengungguli laki-laki. Beliau yang selalu didambakan kaum  hawa R.A kartini yang kini selalu diperingati dalam hari kartini, lagu yang tak asing didengar lagi, tanggal yang sudah melekat pada ingatan, dan jiwa kesetaraan yang dimiliki wanita saat ini.
            Kini mari bersama menatap kehidupan yang sedang kita jalani, wanita telah memiliki hak dan derajat yang setara dengan laki-laki. Wanita telah mendapat kepercayaan dan pengakuan untuk memegang peran-peran penting dalam kehidupan bernegara hal ini dibuktikan dengan adanya presiden, menteri dan duta perempuan yang mendunia serta dianggap berpengaruh besar dalam kelangsungan kehidupan bernegara.Ada yang menjadi pemimpin di perusahaan, membawahi ratusan orang dan mengajak perempuan lain memiliki mimpi yang sama dan terus maju. Mungkin menuangkannya melalui goresan pena, nada lewat musik atau memberi suara pada wanita melalui film. Semangat yang disuntikkan kartini ini penting dalam memunculkan rasa percaya diri dalam hati seorang wanita, wanita mampu bergerak sama halnya seorang pria tidak hanya dalam pemikiran namun juga terlihat dari kekuatan fisik, saat ini sudah banyak bermunculan atlet wanita. Bahkan kini dapat terlihat kesetaraan itu melalui pekerjaan kecil seperti kuli bangunan sudah tidak ganjil lagi hal itu dilakukan seorang wanita saat ini, bus yang lalu lalang dibawah kendali seorang wanita yang mayoritasnya merupakan pekerjaan kaum  lelaki. Terbukti wanita mampu melakukan apapun yang dilakukan pria bila ia mau berusaha tetapi satu hal yang tidak bisa dilakukan pria untuk dapat seperti wanita, sekalipun ia telah berusaha yaitu mengandung dan melahirkan.
 Kaum wanita zaman sekarang haruslah bersyukur karena mereka mendapatkan persamaan hak dan derajat dengan cuma-cuma tanpa melalui proses yang rumit dan sulit yang telah dilalui oleh Kartini dan tokoh-tokoh wanita lain yang harus gigih dan penuh kesabaran dalam  memperjuangkan hak mereka di masa itu.  Maka keadaan yang baik hendaklah saling membantu antara kaum laki-laki dan kaum wanita karena dengan sikap saling membantu dapat mempererat tali persaudaraan dan kerukunan sehingga terbentuklah negara yang aman,tentram dan rukun. Karena persamaan hak itu ada bukan untuk menciptakan jurang pemisah ataupun untuk menciptakan persaingan, melainkan untuk mewujudkan kehidupan yang saling hormat-menghormati juga saling menghargai.
Dan peran kita sebagai generasi penerus disini yaitu jangan pernah malu untuk memiliki cita-cita karena dengan adanya impian dapat membuat langkah lebih terarah, semangat dan energi yang membuncah untuk bangkit. Kita adalah orang tua dari mimpi-mimpi kita, kita yang melahirkan, membesarkan dan melihatnya menjadi sesuatu. Kartini telah berjuang untuk apa yang kita miliki sampai kini oleh karena itu, sebagai wanita penerus bangsa bertindaklah dengan hal positif dalam membangun negara bukan sebaliknya berbuat negatif untuk kehanacuran negara. Jadilah kartini masa kini yang terus berkarya dan b

erkembang dalam segala aspek kehidupan karena peran wanita telah sejajar tidak ada lagi pembatas untuk moto lebih maju daripada lelaki.


Puisi:

Berjuang Demi Perubahan


Hidup yang kelam kini menjadi cemerlang
Bak langit petang yang bersinar karena rembulan
Nestapa yang hampa kini kian berwarna
Dari penindasan menjadi sebuah keadilan
Surat surat menyentuh relung hati
Gagasan indah dan penuh cinta
Kesabaran yang engkau berikan
Pemahaman yang engkau tunjukkan
Berubah sudah tahta wanita
Terbebas dari jeratan penghambat
Mengukir deretan karya dalam bangsa
Mimpi yang dulu tak sempat terlintas
Mimpi yang dulu tak berani terpikir
Kini tergenggam dalam kekuatan
Mewujudkan dengan kasih sayang
Engkau pemberi udara bagi wanita
Pemberi kehidupan pohon gersang
Engkau sumber nyata pembangkit wanita




Penutup


Dari karya tulis yang buat ini besar harapan saya bagi para pembaca untuk dapat:
1.      Berani bermimpi sesusah apapun keadannya karena mimpi langkah awal untuk memulai sebuah keberhasilan
2.      Pria mampu bersaing secara sehat dengan kemampuan yang dimiliki wanita saat ini
3.      Adanya rasa saling menghargai dalam menjalin kehidupan


Saran
Dari karya tulis mungkin dapat dikembangkan lagi dengan pemahaman yang lebih luas dan penambahan kisah inspirasi dari seorang wanita.





Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karya Kelas DRBK 2

Karya Kelas DRBK 1